Renungan

"Adil Sejak dalam Pikiran"

Manjakan Konsumen, ACFTA Diyakini Tak Keliru

leave a comment »


PASAR BEBAS
Minggu, 10 Januari 2010, 10:28:00 WIB

Laporan: Yayan Sopyani al-Hadi

Jakarta, RMOL. Pemberlakuan ASEAN-China Free Trade Agrrement (ACFTA) terhitung 1 Januari 2010 dinilai akan memanjakan konsumen dan kekhawatiran akan menggilas pengusaha lokal disebut berlebihan.

“Konsumen akan semakin diuntungkan dan dimanjakan karena terjadi kompetisi dari para produsen. Pasar bebas juga bukan bicara soal siapa yang kalah dan siapa yang dirugikan. Ukurannya bukan lokal dan asing tapi dari kemampuan bersaing. Kemudian kalau ada yang kalah dalam bersaing, maka  yang disalahkan bukan esensi persaingannya, bukan ACFTA-nya. Jangan juga sebagaimana dikatakan para pengritik pasar bebas yang mengatakan ibarat persaingan anak kecil dengan orang dewasa. Kita bicara soal kualitas barang yang diproduksi,” kata Peniliti Yayasan Paramadina, Husni Mubarak, kepada Rakyat Merdeka Online, beberapa saat lalu (Minggu, 10/1).

Menurut Husni, pasar bebas tidak menegasikan peran pemerintah sebagaimana disangkakan banyak orang. Pasar bebas, katanya, tetap membutuhkan negara sebagai pembuat kebijakan.

“Jadi tidak minus pemerintah. Tapi pemerintah cukup melakukan regulasi yang baik seperti tidak membuat birokrasi yang rumit terhadap investor dan memastikan bahwa persaingan berjalan secara adil. Pemerintah cukup memastikan tidak ada satu pengusaha yang melempar batu pada pengusaha lain. Soal barang, biar publik yang menilai dan konsumen yang memilih. Saya kira, sebagai contoh, meski murah dalam harga tapi produk China juga hancur dalam merk,” kata Husni. [yan]


Sumber: http://www.rakyatmerdeka.co.id/news/2010/01/10/86133/PASAR-BEBAS-Manjakan-Konsumen,-ACFTA-Diyakini-Tak-Keliru

Written by Admin

January 22, 2010 at 4:22 am

Posted in Kliping

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: